Wednesday 18 March 2009

DRUM SET part-2

Oke Coy....kita lanjut lagi topik mengenai Drum Set, kali ini membicarakan masalah perangkat bantu yg cukup vital pada sebuah drum yg berfungsi sebagai harmonisasi juga yaitu :

CYMBAL
Pada drum kita tidak boleh melupakan salah satu unsur yang sangat penting yaitu cymbal.


Cymbal terbagi dalam berbagai bagian :

1. Hi-Hat Cymbal

Hi-hat merupakan 2 lempengan cymbal yang di gabungkan menjadi satu bagian. Biasanya kedua bagian itu mempunyai ukuran yang sama, tapi bagi beberapa drummer mereka lebih senang memakai hi-hat yang berbeda ukuran.

Fungsi dari hi-hat sangat penting sekali, sebab hi-hat mempunyai peranan mengatur tempo/waktu dalam permainnan. hi-hat mempunyai ukuran 10”, 13” 14”, dan 15”. Pada jaman dulu drummer belum mengenal hi-hat , tetapi “Low boy “ ( letaknya di bawah ). Hi-hat muncul pada pertengahan decade 20-an ( dikatakan hi-hat karena bentuknya seperti topi tinggi ). Sekarang muncul juga remote hi-hat, yaitu hi-hat yang menggunakan kabel.


2. Ride Cymbal

Ride cymbal mempunyai fungsi yang sama dengan hi-hat, yaitu sebagai iringan atau rhythm. Dalam satu drum set , biasanya ride cymbal hanya satu sedangkan jenis cymbal lainnya ada banyak . ride cymbal mempunyai ukuran 18”-26”.

3. Crash Cymbal

Crash cymbal berfungsi sebagai variasi dalam permainan. Biasanya kita memukul crash cymbal pada waktu-waktu tertentu ( fill-in ). Crash cymbal mempunyai ukuran 15”,16”, 17”, 18”, 19”, 20” dan 22”. Crash cymbal berukuran lebih tipis dari pada ride cymbal. Jenisnya antara lain dark crash, power crash, light crash, medium crash, thin crash, ride crash, flat crash, dll.


4. Splash Cymbal

Splash cymbal mempunyai fungsi yang sama dengan crash cymbal. Tetapi Splash cymbal mempunyai ukuran yang lebih kecil , dan ukuran splash cymbal 6”, 8”, 10”, dan 12”.

5. China cymbal

China cymbal mempunyai fungsi yang sama dengan crash cymbal, tetapi china cymbal mempunyai bentuk yang berbeda . China cymbal mempunyai bentuk seperti cymbal yang di balikan. China cymbal mempunyai ukuran yang bervariatif yaitu antara 8” sampai 20”. China cymbal di ciptakan karena pengaruh dari musik China.


6. Bell cymbal

Bentuk dan ukurannya seperti splash cymbal, hanya ukurannya jauh lebih tebal.

7. Sizzle cymbal

Mempunyai paku keling di bagian tepi cymbal, sehingga menghasilkan suara desis yang panjang ,kemudian muncul pula sizzle hi-hat. Lalu ada usaha lain untuk menghasilkan desis yaitu dengan memasang rantai pada cymbal. Dewasa ini sizzle cymbal sudah langka.


Sebetulnya kalo kita perhatiin asesories drum ini banyak ragamnya, tergantung berbagai keperluan nada dan jenis musik yg dimainkan, dan ekplorasi dari si pemain itu sendiri untuk memunculkan nada2 yg menurutnya enak harmoninya enak untuk didengar, specialy bagi musisi2 yg suka mencari sesuatu yg baru atau lebih dikenal dg sebutan Experimental Musicality.

Ok...sampe disini frenz, sorry klo postingan ini kurang bermutu, maklum aku kecil (masih kls 6 SD) so masih kurang wawasan, main drum, gitar n football emang hobby aku, dan aku hanya ingin berbagi dengan frenz yg mampir di blog aku ini, at least THX 2 my Papz ,yg mau support hobby aku ini......... ciaoooooooooooo...!

0 comments:

Post a Comment

 

dremz ON drumz © 2008 . Design By: SkinCorner