Friday 13 February 2009

DRUM SET part-1

Satu perangkat Drum terdiri dari bermacam-macam alat yang menjadi satu kesatuan. Masing-masing bagiantersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Bagian-bagian Drum dan fungsinya :

SNARE
Snare merupakan unsur yang paling vital dalam drum, karena snare merupakan bagian penentu dalam menentukan ketukan dalam bermain drum. Snare pun terdiri dari berbagai variasi ukuran antara 10” hingga 15”. Pada snare terdapat bagaian yang sangat penting yaitu snare wire/stainer yang terdapat di bawah snare. Jika kita memukul sisi atas pada drum, maka stainer yang di rapatkan di bawah snare akan berinteraksi dan menghasilkan bunyi yang sangat nyaring.

Jenis-jenis Snare :

- Snare biasa, berukuran 5 ½” – 6 ½ ” mengeluarkan nada atau tone sedang
- Snare ukuran tebal ,berukuran 7”-8” mengeluarkan nada atau tone deep.
- Snare berukuran tipis mempunyai 2 jenis :

1. Piccolo snare drum berukuran 4 “-4 ½ “ ( Metal atau brass).

Yang berukuran 3 ½ “ –4” terbuat dari wood atau kayu.

2. Soprano snare drum tipis nya sama dengan Piccolo tetapi diameternya lebih kecil (Piccolo 14”, Soprano 12”-13”).

Sekarang muncul snare drum-snare drum yang berukuran kecil seperti small tom ( 12”, 10”, bahkan 8”).

BASS DRUM
Pada awalnya digunakan bass drum yang di pakai dalam marching band ( ukuran 26”, 28”, ). Pada dewasa ini di gunakan bass drum berukuran 24”( musik rock), 22” , 20”, 18”, bahkan ada yang 14”.

Bass drum adalah bagian dari drum yang merupakan bagain yang sangat vital dari drum. Karena bass drum mempunyai fungsi yang hampir sama dengan snare drum, yaitu sebagai penentu ketukan dalam kita bermain .

Bass drum biasanya dimainkan oleh kaki kanan kita (standar) atau bisa juga dimainkan oleh kedua kaki kita (tergantung kebutuhan). Dalam memainkian bass drum kita dibantu oleh alat yaitu pedal.


TOM-TOM
Tom-tom pada drum merupakan pelengkap drum set, dimana seorang drummer dapat lebih leluasa mem-variasikan pukulan-pukulan sticknya. Tom-tom baru muncul pada dekade th 30-an; pada awalnya tidak bisa di tunning.

Tom-tom terdiri dari bermacam-macam ukuran dan bahan yang berbeda, biasanya tom-tom terbuat dari kayu maple atau birch. Dalam drum set standar, tom-tom di bagi menjadi 3 bagian :

- Small tom-tom 1
- Small tom-tom 2
- Large tom-tom atau Floor tom

Tom-tom Drum mempunyai ukuran yang ber-variasi :
6”, 8”, 10”, 12”, 13”, 14”, 15”, 16”, 18”, 20”.

2 B constinue....

1 comments:

Anonymous said...

wow bagus banget informasi nya

Post a Comment

 

dremz ON drumz © 2008 . Design By: SkinCorner